Kamis, 01 Februari 2018

Belajar Terminal #1



5 cara membuka terminal di linux ubuntu

   


5 Cara membuka Terminal di linux 



   Baiklah kali ini Admin akan membagikan tutorial seputar terminal di linux. Sebelumnya kalian bisa simak terlebih dahulu penjelasan singkatnya. 

Terminal adalah sebuah program suatu program di linux yang membiarkan kalian untuk berinteraksi dengan shell.

lah terus shell itu apa?

Shell adalah program yang menerima perintah dari keyboard dan memberikan perintah itu ke sistem operasi untuk segera di laksanakan.

yah begitu lah kira-kira, emang sedikit ribet. Langsung saja check this out! (linux pada tutor kali ini adalah ubuntu linux, untuk linux lainnya mungkin bisa tapi dengan cara yang berbeda)


1. Membuka terminal dengan menekan kombinasi CTRL+ALT+T
 
   kalian pasti tidak asing lagi dengan cara ini, yah kalian bisa membuka terminal dengan menekan keyboard CTRL+ALT+T secara bersamaan.


2. Mencari di Ubuntu Dash
 
    tekan simbol ubuntu di pojok kiri atas atau menggunakan simbol mod (windows icon) dan ketikan "term". kalian pasti akan melihat ketiga opsi seperti ini:


  1. terminal
  2. xterm
  3. uxterm

3. Bernavigasi di Ubuntu Dash

    tidak terlalu beda dengan cara diatas, hanya saja dengan cara ini kalian akan mencari secara manual dengan menscroll atau dengan menggunakan fitur filter search atau kedua-duanya. 


4. Menggunakan Run Command

    Kalian bisa belajar membuka terminal dengan menekan kombinasi ALT+F2, setelah window nya kebuka kalian bisa mengetikan gnome-terminal. Yah tidak jauh berbeda dengan Ubuntu Dash, yang membedakan hanyalah kalian harus memasukan perintah run command suatu aplikasi seperti contoh di atas.


5. Menggunakan CTRL+ALT+F1

     nah ini yang jarang di ketahui oleh para noob terminal (termasuk saya sendiri). Ketika kalian menekan kombinasi diatas, kalian akan diarahkan ke tampilan yang hitam dan akan diminta untuk memasukan username dan password untuk login. Tapi jangan takut... kalian bisa kembali dengan menekan CTRL+ALT+F7 untuk kembali ke tampilan GUI dan aplikasi yang kalian buka tidak akan tertutup. 

Nice Tips : Coba kalian bereksperimen menggunakan kombinasi CTRL+ALT+F... dan simpulkan                           sendiri akan apa yang telah terjadi.


Sekian dan terima kasih, and have a nice day....


Share:

0 komentar: