Minggu, 29 Maret 2020

Debian Linux adalah Sistem Operasi dengan Celah Keamanan Terbanyak


Benarkah Demikian ?

Selama ini banyak yang salah kaprah mengenai sistem operasi kesayangan kita yang satu ini. Bagaimana tidak, jika mendengar kata-kata Linux pasti yang terbesit adalah seorang hacker dan merupakan SO yang tidak terdapat virus. Ternyata semua itu tidak sepenuhnya benar.

Menurut analisis yang di publish oleh TheBestVPN, Linux Debian merupakan SO dengan celah keamanan terbanyak dalam 20 tahun terakhir. Antara tahun 1999 sampai tahun 2019, para peneliti telah menemukan sekitar 3.067 celah keamanan. Jika di bandingkan dengan Windows server 2008, yang merupakan versi Windows dengan celah keamanan terbanyak, angka tersebut bisa dibilang jauh. Windows server 2008 mempunyai 1.421 celah keamanan.

Selalu ingat tidak ada yang sempurna

Jadi bagi kalian yang sangat memuja Linux jangan terlalu sombong. Mendownload aplikasi di sumber kurang terpercaya, mengganti repo yang unofficial sembarangan, dan lain hal sebagainya. Ingatlah bahwa Linux Debian merupakan distro yang mempunyai berbagai macam turunan dan banyak dipakai oleh khalayak umum. Untuk distro linux selain debian pun sama, karena tidak ada sistem operasi yang sempurna.

Tapiiii....

Jangan juga berkecil hati. Selalu baca pengumuman di website resmi distro linux kesayangan kalian dan ikuti semua yang dianjurkan oleh developernya. Kalian dapat membelikan "kopi" bagi teman-teman developer Linux, agar mereka tetap semangat dalam membangun komunitas yang hangat bagi pengguna setianya. See you:)
Share:

0 komentar: