Kamis, 31 Oktober 2019

Cara Upgrade Fedora 30 ke Fedora 31



Setelah sekian lama menunggu, akhirnya fedora workstation 31 telah resmi di rilis. Ada beberapa hal yang menjadi sorotan penting dalam update kali ini, yaitu penggunaan GNOME 3.34.

Pada versi GNOME kali ini, para developer di seluruh dunia fokus pada penggunaan komputer dengan spek rendah. Jadi, jika kalian mempunyai komputer dengan spek yahhh bisa dibilang pas-pasan dan sudah pernah menggunakan GNOME pasti akan lebih terasa jika ada peningkatan. Hal besar lainnya adalah mereka mengganti penggunaan python 2 dengan python 3, menggingat bahwa python 2 akan berada di akhir hidupnya tepat akhir tahun ini.

Ada beberapa software juga yang kebagian update kali ini, tapi admin bakalan skip ke topik awal tadi. Oke langsung saja, inilah cara update fedora workstation 30 ke fedora workstation 31:

1. Backup dan Update System

Admin kali ini hanya akan mengambil langkah aman dengan menginstall melalui terminal seperti yang dianjurkan di website officiallnya. Dianjurkan kembali untuk membackup seluruh sistem sebelum melakukan update secara penuh demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Silahkan cek How-to-Backup

Silahkan ketik perintah di bawah:

sudo dnf upgrade --refresh


2. Install dnf Plugin

Masih di terminal, silahkan ketik perintah di bawah:

sudo dnf install dnf-plugin-system-upgrade


3. Mulai Update dengan dnf

Jika kalian telah membackup sistem, mengupdate sistem, dan menginstall plugin dnf, sekarang adalah saatnya untuk mengupgrade sistem ke fedora workstation 31. Ketik di terminal:

sudo dnf system-upgrade download --releasever=31

Perintah di atas akan mendownload semua file yang dibutuhkan, lalu menginstallnya secara local. Jika kalian mengalami masalah silahkan tambahkan ‐‐allowerasing

.
sudo dnf system-upgrade download --releasever=31 --allowerasing

Hal ini terjadi biasanya karena ada broken paket atau paket-paket yang telah usang.

4. Reboot dan Upgrade

Setelah semua perintah diatas telah selesai, saatnya reboot dan penginstallan akan berjalan secara otomatis. Ketikan perintah :

sudo dnf system-upgrade reboot
 Berikut tampilan upgrade-nya


Saatnya kalian istirahat dan minum kopi dulu sampai proses instalasi selesai. Jika kalian mengalami masalah, para pengembang Fedora dengan senang hati menerima keluhan kalian di Ask Fedora dan Fedora 31 Common Bugs


Terima kasih yang telah berkunjung selama ini, dan semoga kalian tetap menggunakan Linux tak peduli merek apa yang kalian gunakan, karena dengan tetap menggunakan Linux saja kalian telah memberikan semangat bagi para developer tidak hanya Linux, tetapi bagi seluruh developer di dunia.
 
Share:

0 komentar: