Senin, 06 April 2020

PlayStation menggunakan Unix sebagai Sistem Operasinya?


Ternyata PlayStation menggunakan unix sebagai sistem operasinya? Benarkah demikian?


Pasti banyak yang berpendapat bahwa jika ingin bermain game sistem operasi Windows adalah pilihan terbaik. Bagaimana tidak, di Windows telah men-support berbagai macam jenis game dari a-z, tanpa mengalami kendala yang serius (Contohnya aja PC kentang... jangan sedih admin sendiri pc 🥜)

Sedangkan, Linux sendiri masih kurang dalam segi ini. Tapi admin akan menyampaikan fakta menarik yang dapat memberikan harapan bagi para pengguna Linux tercinta.

Perkenalkan... XRossMediaBar (Cell OS)


Sistem operasi ini tidak sepenuhnya Linux, melainkan saudara angkat dari Linux itu sendiri yaitu Unix-like/BSD. BSD sendiri mempunyai mekanisme sistem yang tidak jauh berbeda dengan Linux jika dibandingkan dengan Windows. Entah apa yang membuat Sony enggan menggunakan Windows (mungkin karena Microsoft  menjadi saingan Sony dengan mengeluarkan produk Xbox series).


Perangkat lunak sistem PlayStation 3 (XrossMediaBar) adalah firmware yang dapat diperbarui dan sistem operasi PlayStation 3. Basis operasi yang digunakan oleh Sony untuk PlayStation 3 adalah garpu dari FreeBSD dan NetBSD yang disebut CellOS 

Jadi...


Sekarang para pengembang Linux berusaha membuat lingkungan yang bersahabat bagi para gamer. Kita berharap kedepannya Linux juga mendapatkan kesempatan yang sama seperti SO yang lainnya.

note : bukan hanya PS 3 saja, teryata PS 4 juga menggunakan Unix-like variant dengan nama yang berbeda (Orbis OS) . Kemungkinan besar PS 5 juga menggunakan SO yang sama.

Sumber:
 https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_BSD_operating_systems









Share:

0 komentar: